Tingkatkan Fasilitas dan Pelayanan Jamaah Lewat Sertifikasi Internal, PATUNA Bidik Akreditasi A+

Informasikawasan.com – Sebagai salah satu biro perjalanan wisata dan penyelenggara Umrah-Haji, PT PATUNA Mekar Jaya terus berusaha meningkatkan pelayanan dan fasilitas bagi para calon jamah umrah dan hajinya. Salah satu kerja nyata dari PATUNA adalah dengan meningkatkan sumberdaya para karyawan, tour leader, maupun para ustadz melalui sertifikasi yang dilakukan internal PATUNA.

Hal ini ditegaskan langsung oleh H. Syam Resfiadi selaku Direktur Utama, saat menggelar buka bersama dengan semua kariawannya di kantor pusatnya yang berada dikawasan Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (17/5).

Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag RI, Arfi Hatim, dan juga para awak media.

H. Syam Resfiadi mengatakan buka bersama ini bersifat internal bagi para karyawan PATUNA, yang memang diadakan setiap tahun. Tujuannya adalah untuk mempererat tali silaturahmi dan juga evaluasi dalam meningkatkan pelayanan.

 “Acara bukber PATUNA ini diadakan untuk mempererat tali silaturahmi saja, dan hanya bersifat internal PATUNA saja. Namun dalam beberapa kesempatan kami juga mengundang para stakeholder, mitra, dan juga rekan-rekan media,” ucap Syam kepada awak media yang hadir.

“Alhamdulillah…tadi Bapak Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai penyelenggara umrah dan haji dengan ijin PPIU dan PIHK, kami (PATUNA) juga harus selalu dibina, ditingkatkan pelayanannya dan juga penilaian-penilaiannya,” kata Syam lagi.

Saat ini kata Syam, Kementerian Agama sudah memiliki tim akreditasi untuk penilaian kepada PPIU dan PHIK. Tentunya tujuan dari dibentuknya tim akreditasi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana PPIU dan PIHK bisa meningkatkan fasilitas dan pelayanan kepada jamaah sampai memiliki penilaian tertinggi sampai A plus.

“Jadi untuk bisa ditingkatkan terus pelayanan kami, supaya sampai puncaknya nanti mungkin bisa mendapatkan akreditasi A plus dari Kemenag,” katanya.

Untuk itu kata dia, PATUNA perlu lembaga eksternal dalam hal ini Kemenag yang bisa melakukan penilaian terhadap standar oprasional prosedur (SOP) kami.

Syam memastikan PATUNA serius dalam memperbaharui peningkatan fasilitas dan pelayanan kepada jamaah. Untuk itu selain TL dan TG yang disertifikasi, PATUNA juga pada tanggal 1-4 Juli 2019 akan melakukan sertifikasi kepada semua crew, pegawai dan pembimbing ibadah di PATUNA.

Syam mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk menyesuaikan paket batas atas, menengah, dan bawah yang dimiliki PATUNA. Untuk itu kata dia sangat penting semua pegawai di PATUNA dapat mengetahui kemampuannya memimpin jamaah apakah dia masuk klasifikasi A, B, C atau D.

Jika semua telah dilakukan, Syam memastikan insyaallah, PATUNA siap untuk diakreditasi oleh Kemenag. Dia berharap apa yang dilakukan Kemenag dalam akreditasi nantinya betul-betul objektif dan independen demi pelayanan yang maksimal untuk para jamaah.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *