PPM : KEMBALIKAN SIRIH KE GAGANGNYA, PINANG KE TAMPUKNYA

Putera Ancuvet Drs Risto, Map,MM

 

Jakarta – Informasikawasan.com – Anak Cucu Veteran (Ancuvet) Republik Indonesia, terhimpun dalam pembentukan organisasi yang diberi nama Pemuda Panca Marga (PPM) oleh LVRI tgl 22 Jan Tahun 1981 kini sepertinya, ” Sirih dikembalikan ke Gagangnya, Pinang ke Tampuknya”

Setelah ada ketetapan Pengadilan Negeri yang memenangkan gugatan PPM versi Lulung yang diketuai Samsudin Siregar, SH, menggugat ketua PPM Berto Izaak Mudoko versi Munaslub Desember 2019.

” Kegiatan PPM dititikberatkan ke bidang pendidikan dan keteram pilan yang dibentuk oleh para veteran pejuang RI, sepuluh tahun setalah Pasca tragedi G30S/ PKI, ” ungkap mantan ketum DPP LVRI Letjend TNI (P) Rais Abin.

Menurutnya, PPM dibentuk oleh para Veteran ketika itu berasumsi negara menghadapi krisis politik yang dapat membahayakan anak bangsa, menyadar hal ini, para veteran pejuang, berpikir menyela matkan, terutama putera puterinya dari gangguan politik.

Pembentukan organisasi Putera Pejuang direstui oleh para veteran pejuang dengan nama Pemuda Panca Marga (PPM) dengan.meng gunakan.kode Etik Panca Marga sebagai pengikat antara ayah dengan puteranya.

Kongres IV LVRI Tahun 1978 ditegaskan oleh para veteran pejuang kedudukan PPM sebagai anak organisasi LVRI dan dikokoh kan pada Mukernas I Tahun 1983, PPM bernaung di bawah pembina an para ayahandanya.

Program yang dititikberatkan kepada putera pejuang di bidang pendidikan dan keterampilan nampaknya dilaksanakan oleh para veteran pejuang di kota Pekan baru, di jalan Ahmad Yani terkenal Pendidikan dan Pelatihan English Course – ITTR, dipimpin alm Mister Johnny.

Dari Diklat ITTR di kota Pekanbaru Riau inilah Risman dan anak anak veteran pejuang lainnya dididik di bidang ” Informal Education” berupa pelatihan keterampilan bongkar pasang mesin kenderaan, mengetik sepuluh jari, Jurnalistik dan English Programme dengan Motto ” Student Today, Teacher Tomorow ”

Sedangkan untuk mendisiplinkan diri dan perilaku serta sopan santun berorganisasi putera pejuang veteran diberi pendidikan pelatihan Permidas tingkat dasar dengan jenjang pendidikan Suskalak A, Suskalak B dan tingkat terakhir Suskapin sebagai syarat kerja di berbagai perusahaan dan menjadi karyawan pemerintah.

Reformasi di tahun 1999, nampak nya, keberadaan PPM dengan statusnya sebagai organisasi kemasyarakatan mulai kabur dan hubungan sejarah dengan LVRI, nampaknya terputus dengan ditetapkan H Lulung Abraham Lunggana, SH, ketum PPM nampaknya ditolak oleh DPP LVRI di Tahun 2010 silam.

H.Lulung Abraham Lunggana SH, sejak tahun 2010 menjadi ketua umum PPM dan anggota DPR RI periode 2015-2019. dan Pilpres/Pileg 2019 terpilih lagi menjadi anggota DPR RI masa bakti 2019-2024. Kepemimpinan PPM dilanjutkan oleh Syamsudin Siregar hasil Munas di Kemayoran Jakarta pusat tanggal 6 Desember 2019.

Sehari kemudian menyusul Munaslub DPP PPM diselenggara kan oleh DPP LVRI di hotel IBIS Cawang Jakarta Timur, tanggal 7 Desember 2019, terpilih Berto Izaak Mudoko selaku ketum DPP PPM, yang menurut informasinya semula menggantikan H Lulung hingga masa jabatan ketum PPM berakhir 2020.

Ternyata PPM MUNASLUB dengan ketua umum Berto Izask Mudoko bertahan tetap menjadi ketua umum DPP PPM hingga 2024, tanpa Munas PPM. Hal ini ditolak oleh anggota PPM Senior karena melanggar AD/ART PPM. kata Tigor yang gencar mencari kebenaran organisasi PPM.

” Terjadilah permasalahan dua kepemimpinan PPM versi Lunggano dan versi Munaslub mana yang benar dalam metode research adanya permasalahan perbedaan antara das Sollen und das Sein, ” ujar Risman putera pejuang Veteran PKRI kepada wartawan pada HUT ke-40 PPM di Jakarta baru baru ini.

Drs Risman MM, putera alm Kariman pejuang veteran PKRI NPV. 3.027.559 tercatat resmi nama putera puterinya di adm LVRI ketika dipimpin oleh mantan alm Achmad Taher sejak tahun 1985. . Risman putera Kariman, anggota PPM dari Riau dan di Solok, terus ke Padang Sumbar hijrah ke Jakarta, mengikuti pendidikan di STIA LAN Kampus Jakarta, bergabung dengan PPM dibawah kepemimpinan H Harianto Badjoeri

Awal menapaki kota Jakarta Saya (Risman) “Learning by doing ” kuliah sambil profesi kuli tinta yaitu meliput berita sebagai koresponden tetap LKBN Antara dan mempublish berita yang diliput ketika itu santer pemberitaan kompetisi antara Tjahyo Kumolo dengan pesaingannya Drs Nitra dosen UI, merebut jabatan ketum DPP KNPI.

Kompetesi calon ketua Umum DPP KNPI, dimenangkan oleh Tjahjo Kumolo ketika Ia menjadi Sekjend DPP PPM, menggantikan Kristiadi.

Sebelum reformasi, kami dengan teman teman PPM selalu aktif di Balai Sarbini, berkomunikasi dan koordinasi dengan anggota PPM yang datang dari berbagai daerah.

” Mereka yang datang untuk mencatatkan dan mendaftarkan Skep Veteran orang tua mereka di sekretariat DPP LVRI yang terletak di kawasan Semanggi Jakarta pusat, ” kata Candra Antonius PPM dari Solok, dalam kenangannya kepada wartawan.

RICUH

Menyikapi kepemimpinan 2 ketum DPP PPM versi H Llulung Abraham Lunggano dan versi Munaslub sejak awal 2020 nampaknya terjadi kericuhan siapa yang berhak menjadi Ketua Umum DPP PPM yang berulang tahun ke 40 tanggal 22 Januari 2021, ” Tan Hama Dharma Mangrwa ”

Selama tahun 2020 terjadi perang media, dan gugat menggugat ke PN. Putusan Pengadilan Jakarta Selatan dimenangkan oleh PPM versi Abraham Lunggana yang dipublish baru baru ini.

Menurut sesepuh PPM, Tigor Napitulu gugat menggugat tidak ada yang kalah dan yang menang. Yang menang saat ini adalah PPM kembali ke kithahnya.

” Masalah PPM ini belum tuntas jika menoreh ke AD/ART yang sebenarnya, karena adanya tim verifikasi data kebenaran anak biologis atau mas 24 karat. Anggota biasa yang bisa menjadi pimpinan PPM, mereka adalah putera puteri ANCUVET sendiri, ” ungkap Tigor tegas.

” Meskipun kemelut PPM sudah rampung di meja pengadilan, nampaknya ada oknum yang sengaja mempekeruh.di tubuh PPM,yang harus dituntaskan agar ke depan PPM selalu solid dan kembali ke khitahnya, ” demikian Tigor, senior PPM

Kemelut yang hampir setahun, mericuhkan dan membingungkan anggota PPM di berbagai daerah berakhirlah sudah, sidang memu tuskan versi Abraham Lunggano yang memenangkan perkara di Pengadilan Negeri di bulan Januari tahun 2021 ini.

Putera Pejuang LVRI Drs Risman Thomas, MM, menyikapi dan menawarkan program kepada pemimpin PPM di pusat maupun di daerah, seperti yang pernah dilakoninya, agar anak veteran pejuang ini, ” Walking has destination ” terutama kepada Kang Rahmat Hidayat Djati yang baru terpilih pada Musda PPM Jawa Barat, Rabu (22/1) lalu

” Terbentuk dan terpilih pengurus baru ketua PPM Jawa Barat, dimenangkan oleh Rahmat Hidayat Djati, secara aklamasi di Bandung, bertepatan HUT PPM ke-40, Jumat (22/1) nampaknya membawa angin segar kepada Ancuvet yang selalu Solid di provinsi Jawa Barat, ” tutur Risman sungguh.

Perjalanan Ancuvet, Risman mulai dari tanah kelahiran kota Pekan baru, tahun 1978, menapak ke Ranah Minang hingga terdampar ke tanah Jawa, Ia berbekal, ” Nasi bungkus dan Informal education ” yang pernah menekuni pendidikan di ITTR – LVRI, selama tinggal di Pekanbaru kota dollar.

“Jika program yang ditawarkan kepada pengurus PPM secara menyeluruh, baik di tingkat pusat maupun.daerah,PPM akan seperti, ” Sirih dikembalikan ke Gagangnya, Pinang dikembalikan ke Tampuknya, ” jelas Risman lagi.

” Artinya organisasi PPM terlahir sesuai asal usulnya, yang ditulis oleh mantan DPP LVRI Letjen TNI ( P) Rais Abin, ” ungkap Risman Thomas, mantan Pejabat birokrasi di Jakarta.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *