Perjusab SMA Cahaya Sakti Memberikan Pembelajaran dan Pembinaan Mental Siswa-Siswi

InformasiKawasan.com – Kegiatan Kepanduan atau Pramuka adalah sebuah kegiatan positif yang dapan menjadi pembelajaran dan pembinaan mental bagi para siswa-siswi sekolah, terutama dilevel menengah pertama (SMP) maupun menengah atas (SMA). Pramuka adalah salah satu pelajaran yang banyak mengajarkan tentang cara berinteraksi dengan teman, lingkungan, maupun alam sekitar. Selain sebagai pembelajaran, Pramuka juga menjadi tempat pembinaan mental dan spiritual bagi para pelajar sekolah yang rata-rata berusia remaja. Remaja adalah usia dimana menjadi titik penting dalam pertumbuhan bahkan sangat vital apabila salah dalam penanganannya.

Sekolah Menengah Atas (SMA) Cahaya Sakti Jakarta Timur menjadi salah satu sekolah yang juga menyelenggarakan kegiatan kepanduan atau pramuka. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah Perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusab). Kegiatan berkemah selama dua hari satu mala mini diadakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur. Dalam kegiatan ini para siswa diajarkan cara mendirikan tenda, baris berbaris, serta kegiatan-kegiatan lain yang bersifat secara kelompok atau beregu. Sebagai sebuah kegiatan belajar yang diadakan diluar sekolah, tentunya pramuka adalah pelajaran yang banyak menuntut kerjasama antara satu siswa dengan yang lainnya.

Selain kerjasama siswa, peran kakak Pembina dan guru-guru juga sangat penting. Karena tanpa arahan dan bimbingan dari mereka tentu saja para siswa tidak akan dapat memahami dan mengerti akan banyak hal yang akan mereka kerjakan. SMA Cahaya Sakti adalah sebuah lembaga pendidikan yang sangat peka dan tahu akan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya dalam mendidik, membina, dan membentuk karakter serta sikap/akhlak para siswa yang belajar disana.

SMA Cahaya Sakti dipimpin oleh Cecylia S.Pd sebagai Kepala Sekolah dibantu oleh jajaran guru bidang studi yang walaupun mayoritas berusia muda, namun mempunyai dedikasi yang sangat tinggi dalam mendidik para siswanya agar menjadi pribadi-pribadi yang berkarakter dan bersikap terpuji. Banyak para alumni siswa SMA Cahaya Sakti yang sudah sukses saat ini, ada yang menjadi Tentara, Polisi, Guru, dan lain sebagainya. Tentu saja hal inilah yang membuat banyak orang tua mempercayakan anaknya menerima pendidikan di SMA Cahaya Sakti, yang beralamat di Jalan Otista I No.11 – Kampung Melayu, Jatinegara.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *