Living-Water-Talent-Academy-LWTA

Manfaat Menari Bagi Anak

InformasiKawasan.com – Secara umum tari memiliki beberapa fungsi antara lain: ekspresi budaya, media komunikasi, salah satu bentuk seni, dan alat sosialisasi pula. Mengajarkan tari pada anak-anak digunakan sebagai :

  1. Upacara adat atau agama
  2. Kesehatan
  3. Cara ekspresi diri Anak

Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh anak saat mereka belajar dan berkegiatan menari. Menari memerlukan pembimbing, pilihlah guru menari yang memang secara naluri dan bakat kesenian yang tinggi, untuk anak anak, guru yang baik adalah yang dapat mengerti dan peduli terhadap anak, karena menari tidak bisa dipaksakan, pelatih yang menyenangkan adalah pelatih yang baik untuk anak-anak.

Vania, pemilik Living Water Talent Academy (LWTA) mengatakan, “Belajar menari di LWTA berfokus pada pengembangan gerak dan lagu pada usia dini (3-5 tahun), dan gerakan yang lebih kompleks pada umur yang lebih tua (6 tahun keatas). Kursus tari ini meliputi pembelajaran hip-hop, jazz, contemporary modern, traditional dance, diharapkan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme agar murid-murid yang memiliki talenta khusus dalam modern dance dan traditional dance ini diharapkan dapat mengikuti kelas khusus. Sekolah juga dapat dengan bangga memamerkan kemampuan siswanya dalam ajang kompetisi yang diadakan dalam tingkat daerah maupun nasional, “ kata Vania.

Menari secara spesifik akan membawa banyak manfaat, seperti:

  • PERCAYA DIRI DAN FOKUS

Kenapa percaya diri bisa meningkat dengan menari? Alasan yang langsung terlihat adalah karena mereka akan merasa senang dengan tubuhnya dan kemampuannya mengolah gerak. Namun bukan hanya itu, Anthony Robbins, sekorang pakar NLP dan motivasi top dunia, selalu menyarankan semua orang yang ingin mengubah nasib hidupnya dengan memulai dari mengubah tubuhnya dulu menjadi lebih sehat dan bugar. Men sana in corpore sano begitu lah. Dengan memperhatikan kesehatan dan kebugaran fisik terlebih dahulu, kita akan benar-benar merasa memegang kendali dan bertanggung jawab atas diri kita sendiri (bukan berarti melupakan Tuhan ya). Kemampuan untuk berfokus juga akan meningkat dengan belajar menari. Jelas lah ini. Gimana bisa menari dengan baik kalau nggak fokus? Menari juga akan melatih memori, karena kita harus menghafal urutan gerak.

  • MELATIH KOMITMEN DAN DISIPLIN

Menjadi penari yang baik butuh latihan berkali-kali. Anak akan belajar untuk memiliki komitmen dan dedikasi yang kuat, serta disiplin berlatih terus menerus bersama rekan-rekannya (menari biasanya tidak sendiri) agar bisa menari dengan baik. Penari-penari profesional seringkali harus melewati perjalanan karir yang dipenuhi dengan latihan-latihan intensif setiap harinya selama bertahun-tahun untuk mencapai kesuksesan. Jangan dikira kalau ingin menjadi penari top itu cukup latihan part time.

  • PENYALURAN EMOSI ANAK

Menari digunakan untuk merepresentasikan banyak perasaan seperti kebebasan, harapan, gairah, keberanian, kekuatan, dan keanggunan. Bukan itu saja, menari juga bisa menjadi sarana pelampiasan emosi negatif. Dalam psikologi ada konsep Mekanisme Pertahanan Ego, yaitu strategi mempertahankan citra ego yang kita gunakan saat menghadapi kenyataan yang tidak mengenakkan. Ada banyak cara, kebanyakan negatif, seperti: displacement, regression, repression, isolation, dll. Namun ada juga yang positif seperti altruism, anticipation, humor, dan sublimation. Nah yang terakhir ini, sublimasi, adalah saat kita mentransformasi emosi atau naluri negatif menjadi aksi, emosi dan perilaku positif. Contohnya saat kita kesal luar biasa karena dicaci maki bos di depan rekan-rekan kerja, kita tidak lalu menendang kucing kurang beruntung yang sedang lewat saat kita pulang, namun kita memilih untuk shalat, atau berlatih pencak silat, atau… menari! Luar biasa bukan kalau anak sedari kecil sudah diberi saluran mekanisme pertahanan ego yang baik bagi mereka?

  • KOORDINASI TUBUH

Dengan menari semua organ-organ tubuh akan berfungsi dengan baik, dimana selsel dapat berkembang dengan baik dan bekerja disetiap organ dengan baik.

  • KEBUGARAN FISIK

Saat menari entah berapa banyak otot yang bekerja, dan anak dilatih menjadi lebih kuat, seimbang, berstamina, koordinatif dan fleksibel. Walaupun anak sudah terlihat tidak punya bakat menjadi penari profesional nantinya namun kalau ia suka menari kemungkinan besar ia akan memiliki pola hidup yang lebih aktif sampai dewasa nanti. Selain kekuatan dan lainnya, dengan berlatih menari postur tubuh juga menjadi lebih baik. Cara berdiri, duduk, berjalan, dan semua aktivitas lain akan menjadi lebih baik (dan lebih anggun). Terbiasa memiliki postur tubuh yang benar dalam kegiatan sehari-hari saja sudah akan mengurangi banyak penyakit.

  • SOSIALISASI DAN KERJASAMA TIM

Menari adalah kegiatan berkelompok yang memerlukan komunikasi, pengertian, dan kekompakan tim. Ini sih sudah jelas ya? Tapi lebih dari itu, belajar kerjasama juga didapat dari komitmen untuk datang dan berlatih. Anak akan belajar untuk tidak mengecewakan rekan-rekan satu timnya dengan bermalas-malasan karena performa seluruh tim akan terpengaruh pula. Ini lah yang saya sebut mengajari anak berkolaborasi, bukan hanya berkompetisi.

Nah, untuk informasi lebih lanjut silahkan datang langsung ke Rukan Sunter Terrace blok A 20, Sunter – Jakarta Utara  atau hubungi nomor telepon 021- 29562394 – 082228228022 bisa juga dapat diakses di www.livingwatertalentacademy.com, pangkas Vania kepada InformasiKawasan.com. Advertorial

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *