Komunitas Sedekah Lillah Fii Sabilillah (SELFI) Terus Bergerak dan Berbagi Kebahagiaan

Komunitas Sedekah Lillah Fii Sabilillah (SELFI) Terus Bergerak dan Berbagi Kebahagiaan

InformasiKawasan.com – Dakwah melalui gerakan selama bertahun-tahun terbukti mampu menumbuhkan kesadaran dan kepedulian umat Islam terhadap sesama. Realitas sosial yang tidak luput dari berbagai persoalan sejatinya menjadi tanggungjawab bersama. Apalagi Islam sudah mengajarkan kepada umatnya akan pentingnya membantu mereka yang membutuhkan.

Hal inilah yang menjadi dasar bagi Komunitas Sedekah Lillah Fii Sabilillah (SELFI) untuk terus bergerak dan berbagi kebahagiaan. Komunitas SELFI merupakan organisasi yang di bentuk secara (independen) yang bergerak dibidang sosial.

“Awalnya ide membangun komunitas ini muncul dari pemikiran beberapa kawan. Maksud dan tujuannya adalah membantu orang-orang yang kurang mampu disekitar daerah mereka. Lambat laun, komunitas ini mulai berkembang dengan mengajak teman-teman lain untuk ikut bergerak dalam komunitas sehingga cakupan untuk membantu orang lain yang kurang mampu lebih luas.

Komunitas ini berupaya berkeinginan hasil sedekah yang dilakukan tepat sasaran dan tepat guna. Terutama bagi anak yatim, lansia dan disabilitas.

Komunitas Sedekah Lillah Fii Sabilillah mengajak siapapun agar hatinya tergerak untuk mencintai sedekah. Komunitas ini juga terbentuk dengan maksud dan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa terdapat hak mereka (yang membutuhkan) didalam harta kita.

“Oleh karena itu, kami disini mengajak masyarakat untuk menyisihkan pendapatan yang nantinya akan kami kumpulkan dan kemudian akan kami salurkan kepada mereka yang membutuhkan seperti: yatim piatu dan fakir miskin. Membuat orang lain tersenyum merupakan keindahan yang abadi, dengan mengulurkan sebagian rezeki sama saja meringankan beban mereka,”

Terkait keanggotaan, Komunitas Sedekah Lillah Fii Sabilillah (SELFI) selalu terbuka untuk umum. Siapa pun bisa bergabung dengan komunitas ini asalkan mereka mempunyai jiwa sosial yang tinggi dan bisa meluangkan waktu untuk berbagi, Adapun SELFI sekarang ini beranggota lebih dari 100 orang yang sebagian besar berada di 2 kota Kalimantan Selatan yaitu Banjarmasin dan Amuntai, dan Insya Allah akan berkembang ke kota2 lain.

Anggota kami berasal dari berbagai macam profesi yaitu Entrepreneur, Dosen, Mahasiswa, Perawat, Apoteker, Karyawan Swasta, Pengusaha Travel, Developer Perumahan, Digital Marketing, Ibu Rumah Tangga dll yang mau meluangkan sedikit waktu dan pikirannya untuk berbagi

Dalam mencari dontur sendiri, kita dari teman ke teman (bukan dari yayasan). Dan ternyata, bukan hal mudah untuk membuat orang mau besedekah di sini. Biasanya, sebelum menjalankan program, kami terlebih dahulu melakukan survei awal agar sedekah tepat sasaran, kemudian surveyor mengisi form survey dari situlah kita pilah layak tidak yang disurvei menjadi target kemudian kita share melalui medsos atau Whatsapp untuk memperoleh donasi

Untuk program, selama ini, Komunitas SELFI masih fokus menjalankan program Jumat Mubarak yang semua kegiatan berfokus pada hari jumat, adapun kegiatan Jumat ysng kami jalankan adalah
Sarapan Pagi kegiatan yang diawali jumat pagi dengan berbagi pada pekerja jalanan
Nasi Berkah Jumat sijumber bada jumat kegiatan yg kami fokuskan di lingkungan masjid yang kami fokuskan di lingkungan masjid yang kami pilih secara random.

Susur Jalan kegiatan yang biasa kami bagi beberapa team untuk melakukan kegiatan dijalan menuju lokasi2 yang kami anggap tempat2 layak untuk tempat berbagi (sdh kami survei dulu tempatnya)
Kangen Panti kegiatan berbagi di seputaran Panti Asuhan yang ada di Banjarmasin
Warung Sedekah kegiatan warung gratis untuk masyarakat miskin dan dhuafa yang berada di kawasan S.Parman seberang Polda

Adapun kegiatan lain kami diluar hari jumat, Rumah Tahfidz Yang Alhamdulillah sdh berdiri 1 buah bekerja sama dgn PAUD pelita hati. Sedekah Ilmu kegiatan sedekah ilmu di beberapa Panti Asuhan yang dilakukan bekerjasama dengan Relawan dari Mhasiswa ULM yang di bimbing oleh Dosennya yang kebetulan Anggota SELFI.

Sedekah Produktif kegiatan memberikan kemampuan tambahan ataupun peluang kerja sehingga Target yang meskipun mempunyai kekurangan dalam hal anggota tubuh bisa produktif dalam bekerja dan dapat mandiri.

Sedekah Kapan Saja kegiatan yang dolakukan urgent misalnya pada korban2 bencana. Celengan Selfi Celengan yang merupakan sedekah yg di tempatkan dirumah2 donatur yang akan dikumpulkan 2 mingguan oleh relawan ke depan, kami berharap gerakan sedekah ini terus diikuti oleh semua orang khususnya kalangan pemuda-pemudi muslim. Serta ikut andil dalam gerakan-gerakan komunitas dapat menjadikan seseorang berguna bagi agama dan Negara.

“Jangan takut untuk menjadi orang berguna. Tanamkan jiwa peduli terhadap sesama sejak dini agar kita tahu indahnya berbagi. Dan yang lebih penting lagi, jangan lupa untuk sedekah sekecil apa pun. Karena sedekah itu tidak melulu berupa uang, tapi juga berupa tenaga, pemikiran ide gagasan dan senyuman termasuk sedekah juga hal terpenting bagi komunitas ini adalah terus berjalan tanpa harus ada paksaan dan niat karena Allah SWT.

TRUS BERGERAK…..
“Cukup Senyum Dari Bibir-bibir Mereka yang Membayar Lelah Kami Para Relawan”

Mau Gabung tinggal KLIK
bit.ly/daftarkomunitasselfi

Web : komunitasselfi.com
Fanspage : Komunitas Selfi
IG : komunitas.selfi
Titip Sedekah klik bit.ly/mausedekah
.
.
Jika Kegiatan Komunitas ini Bermamfaat Mohon Bantu Share…




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *