Dua Desa di Kabupaten Cianjur, Rasakan Manfaat Program TMMD ke – 111

Bogor – Informasikawasan.com – TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) merupakan salah satu program oprasi Bhakti TNI yang dilaksanakan secara lintas sektoral dan terpadu bersama Pemda serta komponen bangsa lainnya dengan sasaran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan berbangsa dan bernegara, serta memantapkan kemanunggalan TNI bersama rakyak.

Pada pertengahan tahun ini, Program TMMD sudah menginjak ke 111, dan kodam III Siliwangi sendiri, melaksanakan program tersebut di 4 Kodim, diantaranya di Kodim 0608/Cianjur.

Adapun kegiatan pada program TMMD ke 111 di kabupaten Cianjur, dilaksanakan di Desa Ciandam, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, dengan beberapa program berupa fisik diantaranya pengecoran Jalan ( Betonisasi ), pembangunan MCK, Renopasi Mesjid, Pembangunan Rumah tidak layak menjadi layak, pembuatan gorong gorong atau tembok penahan tanah ( TPT ) pembangunan Pos keamanan lingkungan ( Kamling) serta program non fisiknya diantaranya ialah, pengenalan wawasan kenegaraan, sosialisasi Hukum, Sosialisasi tentang pertanian, pengobatan gratis, dan program non fisik lainnya.

Masa kerja Program TMMD ke – 111 dilaksanakan selama 30 hari, terhitung Selasa 14 Juni sampai dengan Rabu 14 Juli 2021.

Kini di hari ketiga setelah penutupan, manfaat dari program dengan tema Wujud sinergi membangun Nergri sudah dapat dirasakan warga Ciandam, bahkan warga Desa tetangganya yakni Desa Kutawaringin.

Mengapa program tersebut dapat dirasakan Warga Desa Kutawaringin? Karena betonisasi jalan sepanjang 2400 meter yang di bangun TNI bersama warga, ternyata penghubung antara dua Desa tersebut.

Kepala Desa Ciandam Ny. Elin mengatakan, bahwa benar jalur yang di perbaiki dalam program tersebut merupakan penghubung antara Desa yang ia pimpin dengan desa Kutawaringin.

” Iya, ini jalan penghubung antara Desa Ciandam dengan Desa Kutawaringin,”katanya, Sabtu, (17/07/21).

Hal itupun di benarkan Kepala Desa Ciandam, Heri Juhaeri, dikatakannya bahwa, jalan yang kini telah dilakukan Betonisasi sangat bermanfaat sekali, dan perekonomian pun akan meningkat.

” Oh jelas sekali, manfaatnya sangat besar, dilakukannya pengerasan Jalan Desa Ciandamn tidak hanya di rasakan manfaatnya oleh warga Desa Ciandam, tetapi warga Kamipun sangat merasakan manfaatnya, karena akses jalan yang baik akan berdampak baik pada perekonomian, jadi kami sangat berterimakasih dengan program TMMD tersebut,” ungkapnya.
Sumber fokuspriangan.id




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *