Demi Masa Depan Mapan, Berikut Tips Finansial Untuk Para Lajang!

Demi Masa Depan Mapan, Berikut Tips Finansial Untuk Para Lajang!

Sudahkan kamu mempunyai manajemen keuangan yang baik agar kehidupan masa depanmu mapan? tak dapat dipungkiri bahwa saat ini ada banyak sekali pekerja muda dan masih lajang yang tidak mampu mengelola keuangannya dengan cukup baik, hal ini tentu saja akan berakibat pada buruknya pola/ sistem keuangan yang mereka terapkan di dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai macam alasan menjadi penyebab kacaunya sistem pengelolaan keuangan dan hal ini seringkali membuat banyak masalah, seperti:

—> Gaya hidup yang sangat boros dan tidak terkontrol atau kehabisan uang di akhir bulan saat gajian telat.

—> Tidak memiliki tabungan atau investasi sebagai jaminan hari tua dll.

Berikut Tips dalam mengatur finansial yang baik agar masa depanmu terjamin

1. Pisahkan uangmu kedua ATM yang berbeda

Jika kamu sudah bekerja dan mempunyai penghasilan cobalah mulai untuk menanbung, Tapi jika kamu mau menabung buatlah ATM yang berbeda. ATM pertama untuk kebutuhan sehari-hari yang bisa di ambil kapan saja, seperti untuk makan, ongkos dll. ATM kedua untuk uang simpananmu yang tak boleh kamu ambil sembarangan. nah dengan keuanganmu yang seperti ini keuanganmu menjadi tertata lebih rapi dan terkendali.

2 Tinggalkan sudut pandang “Mumpung masih lajang”

Gaji hanya numpang lewat saja dan tak pernah cukup untuk kebutuhan sebulan, ini adalah hal yang banyak dialami lajang. Barangkali persepsi “mumpung masih lajang” adalah hal yang anda terapkan dalam membuat pengeluaran sehingga Anda cenderung menghabiskan uang untuk kepentingan yang tidak diperlukan.

Ubah dan tinggalkan kebiasaan buruk tersebut, mulailah hidup dengan hemat serta miliki sebuah rencana keuangan yang baik dengan cara membuat anggaran pengeluran anda.

3. Investasi jangka panjang

Menyimpan uang tak hanya di tabungan, cobalah kamu menginvestasikan uangmu dalam bentuk barang dan saham. Investasi dalam bentuk emas, dinar, dirham, atau properti juga cukup menjanjikan. Selain itu, kamu juga bisa mulai mencicil tanah atau rumah dari sekarang. Jadi tabunganmu tak hanya diam, tapi juga berkembang jadi lebih besar.

4. Stop berhutang dimasa muda

Membebaskan diri dari hutang juga akan memberi Anda ketenangan dan keleluasaan dalam berpikir dan mengatur keuangan anda dengan lebih baik lagi. Jika saat ini mempunyai hutang yang berbentuk pinjaman atau kartu kredit, maka segeralah melunasi dengan cara membayarnya satu persatu.

5. Supaya Uangmu tak habis hanya untuk hobi, batasilah pengeluaran maksimal 30% dari uang bulanan.

Hobi layaknya nyawa bagi seorang pria. Padahal, hobi itu gak murah misalnya forografi, sepeda, dan otomotif. Gak jarang kamu akan menghabiskan banyak uang untuk menggelutinya. Nah, agar hidupmu tetap sejahtera tanpa meninggalkan hobi, gak ada salahnya kamu mulai buat anggaran dana bulanan dengan jelas.

Kamu bisa batasi pengeluaran dana untuk hobi tidak lebih dari 30% dana bulanan yang kamu miliki. Misalnya gajimu 5 juta, maka uang untuk hobi tidak lebih dari 1,5 juta. Dengan begitu, kamu masih bisa menyisihkan uang untuk tabungan dan mempersiapkan masa depan.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *