Brigjen TNI Achmad Fauzi Sampeikan Korem 061/Sk Salurkan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) Untuk 14.200 Warga

Bogor – Informasikawasan.com – Danrem 061/Sk Brigjen TNI Achmad Fauzi,.S.I.P., M.M. bersama Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf Roby Bulan, menghadiri Launching Program Bantuan Tunai Untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) secara Virtual oleh Pangdam lll/Slw yang diwakili, dan acara simbolis penyerahan bantuan kepada masyarakat di Makodim 0606/Kota Bogor Jl.Jendral Sudirman Kel Pabaton Kec.Bogor Tengah Kota Bogor, Sabtu (9/10).

Bantuan ini merupakan bentuk dukungan bagi pelaku usaha, khususnya sektor usaha mikro. Dan Bantuan ini secara spesifik menyasar PKL dan warung yang berada di Kabupaten/Kota yang terdampak pandemi global Covid-19, yang menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 27 dan Nomor 28 Tahun 2021 serta belum mendapatkan bantuan melalui skema Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM). Itu dijelaskan oleh Danrem.

” Kami berharap kepada penerima bantuan agar untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya, ini bukan sekedar uang cuma-cuma, jadi bagaimana caranya agar kita dapat meningkatkan ekonomi dan terus berperang melawan Covid-19.” Ujar Danrem.

Totalitas Bantuan dari Korem 061/Sk sampai saat ini telah diberikan kepada 14.200 orang penerima bantuan, yang terdiri dari wilayah Kota Bogor sebanyak 4500, kemudian Kabupaten Bogor 8.000 serta Kota Sukabumi sebanyak 1700 bantuan. Bantuan yang diberikan berupa uang tunai sebesar Rp 1.200.000,- , per penerima, sehingga jumlah total yang telah dikeluarkan yaitu sebesar 17.040.000.000,- (17,04 Milyar). Dan terkait bantuan BTPKLW Danrem berharap agar bantuan ini tepat waktu, tepat sasaran dan tepat guna.

Pada kesempatan yang sama Dandim menyampaikan sambutannya, yang dimana dalam penyampaiannya menjelaskan bahwa untuk diwilayah Kodim 0606/Kota Bogor bantuan BTPKLW ataupun bantuan tunai pedagang kaki lima dan warung ada kurang lebih 4.500 calon peserta penerima untuk tahap pertama tahap kedua serta tahap ketiga yang sudah terdaftar sebagai penerima bantuan, dimana bantuan ini merupakan bantuan dari bapak Presiden yg disalurkan melalui Mabes TNI, kemudian Kodam, dan dari Kodam lll/Slw dilanjutkan kepada jajaran Korem 061/Sk juga di sini ada juga bantuan dari Polres Kota dan bpk Wakil Walikota kurang lebih 4.400.

” Pada kegiatan kali ini, Pendataan di lapangan untuk tahap pertama ada 2028 calon peserta penerima bantuan dengan total jumlah 2 miliar 433 juta, dan selanjutnya kita akan menerima lagi kurang lebih 2 hari untuk 2000 penerima lagi sampai dengan tahap ketiga di bulan November, Jadi untuk tahap kedua dan ketiga itu kitapun akan peroleh 2 miliar 900 juta rupiah. Dan secara keseluruhan untuk tahap 1, 2 dan 3 kurang lebih 4 miliar.

Bantuan masyarakat pada masa pandemi covid dgn sistem penyaluran bantuan ini akan dilaksanakan secara terpusat dan bertahap sampai dengan bulan November dan si penerima akan mengambil bantuannya di Makodim karena dalam sistem pendistribusiannya nanti ada berapa meja nanti melalui screning kemudian pemberian bantuan langsung oleh Pekas kemudian di sini nanti akan di scrining data dengan data yg sudah di input oleh para Babinsa melalui aplikasi Path Daily dan apabila sudah cocok maka akan bisa langsung menerima bantuannya di lokasi.

Sedangkan Wakil Walikota Bogor menyampaikan bahwa
Bantuan yang disalurkan melalui TNI di Kota Bogor ada 4.500 penerima, kemudian juga dari Polresta Bogor Kota ada 4.400, sedangkan untuk dari Pemkot Bogor sendiri sudah disalurkan sejak bulan Januari ada sekitar 75.000 pelaku usaha kecil termasuk juga pemilik warung, dan totalnya hampir mencapai 90.000, kalau kita bicara persentase Kota Bogor dengan jumlah penduduk tercatat resmi 1,1 juta dan perkiraan ada penambahan lagi.

Turut hadir dalam Launching BTPKLW yaitu Kapolresta Bogor Kota, Kasiter Korem 061/Sk, Kepala UMKM Kota Bogor, Perwakilan Camat Kota Bogor serta Perwakilan Lurah Kota Bogor

Sumber : Pernrem 061/Sk .




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *