AKTIVIS DISABILITAS JUANGKAN KOMUNITAS LEWAT KOPI GAYO

Foto:Sikdam Hasyim Gayo/ist

 

Depok – Informasikawasan.com -Aktivis disabilitas memperjuang komunitasnya agar bisa mendapat kan hak haknya, ketika ada teman disabilitas yang mendapatkan masalah, seperti dalam bidang pendidikan dan pekerjaan

” Saya menyampaikan laporanya kepada pemerintah daerah maupun pusat untuk mrndapatkan fasilitas umum, kata Sikdam Hasyim petinggi disabilitas kepada wartawan di Sawangan Depok, Senen (12/1)

” Waktu itu pernah Menolong di daerah Depok seorang pelajar yang mampu secara akademiknya tapi kurang mampu dalam fisiknya sempat diragukan oleh sekolah -nya. Kemudian komunitas disabilitas membantunya

” Bukan hanya pada satu tempat saja tetapi saya juga pernah ke Kalimantan Barat, Jogya, Bandung. Tahun 2013 sudah mulai bergerak komunitas disabilitas yang bernama pusat Disabilitas Netra Indonesia, ” tambahnya.

Akiivitas Disabilitas, dengan kegiatan dalam bentuk “Blind Kopi Gayo” ini sebenarnya usaha pribadi saya tetapi dengan tujuan untuk membantu teman teman tuna netra dan keuntungannya juga saya gunakan utuk program sosial yaitu pembelajaran bahasa inggris untuk adik adik disabilitas yang ada di panti panti.

” Jadi alasan usaha Kopi Gayo ini karena untuk mambantu teman teman disabilitas dan kakak saya yang penglihatannya juga kurang baik. Saya membantu menjual kopinya karena kalau dijual di kampung harganya turun tidak seperti disini, ” katanya.

Saya bersama teman teman berusaha mencari investor yang mau mendanai untuk pembuatan Cafe Blind Kopi Gayo. Rencana saya ke depan saat cafe sudah di buka para pekerjanya yaitu teman teman tuna netra untuk membantu perekonomiannya.

Saya memilih usaha kopi karena sekerang kopi sedang ” Buming” Dan kenapa saya pilih kopi gayo, karena kopi ini berasal dari kampung saya. Banyak pecinta kopi tapi belum mengetahui kalau kopi gayo enak sekali.

Banyak orang mengatakan bahwa semua kopi sama semua tapi kopi gayo ini beda yaitu kopi asli, murni. Kopi gayo juga lebih terkenal di luar negeri, tukasnya serius.

Harapannya kita bisa mewujudkan mimpi jika kita membuka cafe Blind Kopi Gayo, karena blind kopi gayo ini lebih dikenal sebagai karya teman teman tuna netra.

Diharapkan pemerintah, khusus pemerintah kota Depok, mendukung (Support) program kita, demikian keterangannya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *